Demo Blog

Laptop Pake Baterai dan Tanpa Baterai

by Doni Masrul >>> Komputer, Tips dan Triks

Selama ini masih ada 2 pendapat yang sama-sama mempunyai alasan kuat soal pemakaian baterai laptop/ notebook/ netbook.

Kontroversinya begini:


1. Ada yang berpendapat menyalakan laptop menggunakan AC power dengan keadaan batere terpasang bisa memperpendek usia batere, jadi sebaiknya batere dicopot kalo pake AC power.
2. Ada juga yang berpendapat menyalakan laptop menggunakan AC power tanpa batere terpasang bisa merusak komponen2 elektronik laptop lebih cepat rusak karena listrik dari power supply lebih besar dari yang seharusnya diterima laptop, jadi sebaiknya batere tetep dipasang kalo pake AC power.

Dari kedua pendapat tersebut sebenarnya gak ada yang bener atau yang salah Sob! Yang ada salah satunya (batere atau komponen daleman laptop)yang dikorbankan..

Pengalaman dari sobat saya..

Dia punya laptop yang sehari2nya dia geber abis2an buat online, ngegame, dll. Dalam penggunaanya dia make AC power dengan kondisi batere dicopot dengan tujuan supaya usia pemakaian batere jadi awet, suatu hari laptop dia matot alias mati total, karena masalah tersebut, akhirnya dia bawa laptop dia ke service center resminya, setelah diperiksa ternyata motherboarnya yang kena, buat benerinnya harus ganti motherboard yang harganya 2,5 jutaan.

Trus dia ngobrol2 tuh sama teknisinya, belum sempet dia tanya kenapa kok laptop dia bisa kaya gitu, teknisinya malah tanya duluan kaya gini "Mas, kalo make laptop pake AC power trus baterenya dicopot ya?" dia jawab "Iya mas, kok tau?"

Trus tu teknisi ngasih penjelasan yeng pada intinya kaya gini:

1. Menyalakan laptop dengan AC power dengan kondisi batere dicopot memang bisa mamperpanjang usia batere.
2. Batere laptop berfungsi sebagai stabilisator karena di dalamnya terdapat penyesuai tegangan (voltage converter) dan sirkuit pengatur (regulator circuit) untuk mempertahankan tingkat keamanan tegangan dan arus listrik.
3. Menyalakan laptop dengan AC power dengan kondisi batere dicopot dapat mempercepat kerusakan komponen elektronik dalam laptop, karena komponen2 tersebut akan menerima tegangan dan arus listrik yang berlebihan.
4. Menyalakan laptop dengan AC power dengan kondisi batere dicopot tetapi menggunakan stabilisator/UPS sedikit banyak juga dapat mempercepat kerusakan komponen elektronik dalam laptop karena tegangan dan arus listrik akan langsung menuju ke komponen daleman laptop tanpa melalui penyesuai tegangan (voltage converter) dan sirkuit pengatur (regulator circuit).

Kalo pake make AC power mendingan baterenya tetep dipasang, mending baterenya yang rusak, kalo ganti yang orisinil paling harganya 700-800ribuan, daripada motherboard yang rusak biayanya bisa mahal banget, kalo sampe harus ganti bisa jutaan.

Disatu sisi ada yang beranggapan bahwa memakai power langsung dari adaptor (AC Power) aman.

Logikanya pengatur arus itu bukan di battery tapi di ADAPTOR, ada yang pernah bongkar battery? isinya cuma susunan beberapa battery saja, sebenarnya cocok/ tidaknya arus itu dari listrik (kalau daerah pabrik usahakan pakai UPS) yang dari PLN, kalau dari adaptornya dipermasalahkan berarti pihak pabrikan logikanya menjual barang cacat dong?
Kalau memang dari ADAPTOR tidak bisa langsung ke notebook (atau istilahnya harus pakai battery) kenapa tidak dibuat saja skema listrik kalau tanpa pasang battery akan mati walau pakai listrik PLN.

Kalau masalah battery tidak awet itu memang benar, karena logikanya ketika kita ngisi battery maka dia harus mengalirkan, ibaratnya hape deh, semisal kita charge sambil posisi nyala maka lama2 akan soak batterynya.

Kalau kerusakan mainboard itu biasanya:

  • Main diatas kasur/ ranjang yang mengakibatkan tertutupnya ventilasi keluarnya hawa panas sehingga hawa panas terperangkap dan akan menggoreng komponen di dalam.
  • Karena debu/ kurang maintenance.
  • Karena memang peruntukan laptop adalah untuk kerja dan sebagai penunjang dan bukan dipakai buat hajar main game (ini adalah persepsi yang salah selama ini bahwa laptop bisa dihajar buat main game).

Semoga bermanfaat..

Related Post :



25 komentar Baca Selengkapnya...

25 komentar

  • bagi bagio

    Waah.. kalo gitu akibatnya, mending dipasang aja batterynya yach Boss!!!
    Drpa malah Rugi GEDE gara2 harus ganti Motherboard yg mahal BGT gitu..
    Hwehehee....Info yg JEMPOLAN Boss!!

  • Cerita dan Ilmu

    Pengalaman saya, system stabilizer pada laptop sama dengan system stabilizer dan catu daya pada UPS, didalam batere laptop sama sekali tidak terdapat stabilizer tegangan maupun arus. Batere laptop hanya berisi beberapa batere dan fuse kecil yang fungsinya sebagai pemutus arus lebih.

    Stabilizer laptop terletak pada adaptor / penyearah dari AC ke DC, jika pada PC maka stabilizer terletak pada power supply. Jadi apa yang dikatakan teknisi computer itu sama sekali tidak benar.

    Komentar ini saya dasarkan pada pengalaman saya selama 3 tahun sebagai teknisi computer dengan berbagai eksperimen dan berbagai jenis merk yang saya temui…

  • Ladida

    pengalaman yg juga menimpa beberapa teman saya, memang batterynya awet, tapi komponennya rusak, dibawa sampe ke kota2 besar yg notabene tentu punya teknisi lebih canggih, ternyata alasannya sama seperti di atas ..

    dari cerita di atas, saya setuju dgn tips Anda, lebih baik kita kehilangan battery laptop ketimbang kehilangan jeroan yg lebih ribet dan mahal gila :P

  • Doni Masrul

    @Obat Sakit 2011: benar banget sob baterai lebih penting sob biar aman..
    @bagi bagio: seratus buat sobat heheee..
    @Aa: thank' sob..
    @Award DAW-XP Juli 2011: okay sob mg laptop kita gak knapa2...
    @Rangga Chenkgelate: iya sob makasih atas tutorialnya ya...
    @Cerita dan Ilmu: makasih ya sob tlah berbagi pengalaman disini, sukses buat sobat...
    @EX-DOT: ngapaian bingung sob saran sy tetap pake baterai biar amanlah..
    @Belajar Komputer: betul sob dari pada nantinya bnyak ngeluarin uang buat beli motherboard..
    @Ladida: Sukses buat sobat slalu..

  • Uchan

    Weks, infonya malah batre sekarang sudah cerdas mas. Dia punya sirkuit sendiri buat nahan tegangan biar ga ngecharge meski dicolok ke listrik

    Kalo batre dicopot emang bener listriknya langsung ngantem komponen lapienya :D

    cmiiw

  • Anonymous

    numpang tanya mas, saya telat tau soal ini... =( dan laptop saya terlanjur kehilangan daya backup nya..

    waktu awal saya beli laptop, teman saya bilng kalo mau awet baterenya lepas aja dan colok ke listrik. sekarang saya coba utk pake baterai, gak mau hidup, kalo dicolok listrik baru hidup..

    Mohon bantuan dan solusinya giman mas agar bisa diperbaiki dan baterenya bisa berfungsi kembali?

    trimakasih bnyk atas jawabanya..

  • arlan

    makasih infonya mas.,laptop saya hampire hangus karna suhu prosesornya sampe 100 drjt cecius.,tapi udah di bersihin debunya,.tapi sejak sering pake arus ac ,daya masukan pada prosesor saya jadi nggak stabil,.saya cek nya pake hdmonitor.,gimana ya mas cara stabilin arusnya lagi?
    salam kenal
    http://yoolah.wordpress.com

  • Alviyan

    Saya baca di beberapa artikel, katanya laptop2 yg baru2 skrg sudah ada teknologi bisa mengatur kalo baterai sudah penuh maka akan otomatis dlm keadaan standby (tidak terus menerus diisi daya), jd baterai tidak overcharge.
    Klo memang ini benar berarti tetap memasang baterai wlaupun menggunakan adaptor menjadi solusi terbaik.

  • Anonymous

    ah kalo aku sih mending copot batre aja, seperti kata cerita dan ilmu itu saya setuju,penyearah listrik itu terdapat pada adaptornya, bukan pada batrenya. karena menurutku kebanyakan umumya laptop itu rusak karena kepanasan seperti main laptop terlalu lama di tempat tidur ato juga saluran angin processor terhalang

  • Anonymous

    @anony: wkwkwkw.... lucu deh ente. penyearah listrik pada adaptor itu arus DC nya tidak murni sob, semurni arus dc batere. jadi, masalah besar kalo baterenya dilepasin. hayyo siapa yang mau jadi korban lagi? hehe

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!

Dapatkan info terbaru via Facebook Silahkan klik LIKE / SUKA

Powered By Blogger Widgets and Komputer dan Internet